Minggu, 28 Oktober 2012

KTI BIDAN


Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Fakultas Ilmu Keperawatan
Program Studi D III Kebidanan
2012

ABSTRAK
Ita Listiyana 1, Noveri Aisyaroh 2, Siti Thomas Zulaikhah 3
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN BIDAN TENTANG HIV DAN AIDS DALAM PRAKTIK UNIVERSAL PRECAUTIONS PADA PERTOLONGAN PERSALINAN DI RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK DAN RSUD KOTA SEMARANG

13 i + 60 hal + 7 tabel + 9 lamp

Kasus AIDS merupakan fenomena gunung es, yang muncul ke permukaan sebagian kecil dari yang sebenarnya. Pertolongan persalinan yang dilakukan bidan mewajibkan bidan kontak dengan darah, sekresi vagina, cairan amnion, dan cairan tubuh lainnya. Menjadikan bidan memiliki resiko tinggi tertular HIV dan AIDS saat melakukan pertolongan persalinan. Risiko infeksi HIV bagi tenaga kesehatan adalah rendah, tetapi bukan 0%. Cara yang dapat dilakukan oleh bidan untuk mencegah penularan virus tersebut adalah memegang prinsip kewaspadaan universal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan bidan tentang HIV dan AIDS dalam praktik universal precautions pada pertolongan persalinan di RSUD Sunan Kalijaga Demak dan RSUD Kota Semarang.
Jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan waktu cross-sectional dengan jumlah 31 responden. Uji hubungan antara variabel menggunakan uji korelasi Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pada kategori usia muda (< 30 tahun) sebanyak 18 responden (51,8%) dan lama bekerja < 5 tahun sebanyak 16 responden (51,6%). Responden sebagian besar memiliki pengetahuan kurang 16 responden (51,6%) dan memiliki praktik kurang sebanyak 22 responden (71%) . Dari uji statistik P sebesar = 0,006.
Kesimpulan pada penelitian ini ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang HIV dan AIDS dengan praktik universal precautions pada pertolongan persalinan. Bidan sebaiknya meningkatkan pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan tanda dan gejala HIV dan AIDS serta upaya preventif untuk mencegah HIV dan AIDS dengan mengikuti seminar, membaca artikel dan buku kesehatan serta menerapkan SOP Universal Precautions dengan sempurna.
Kata Kunci : pengetahuan, HIV dan AIDS, praktik, Universal Precautions
Kepustakaan   :    21 pustaka (2003 s/d 2011)


1)    : Mahasiswa Prodi D III Kebidanan
2)    : Pembimbing Prodi D III Kebidanan
3)    : Pembimbing Prodi D III Kebidanan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar